Agar Baterai HP Hemat dan Awet

Baterai hand phone ( HP ) yang hemat dan awet digunakan seharian adalah harapan para pengguna smart phone. Semakin banyak fitur yang dimiliki smart phone membuat pemakaian baterai cepat berkurang.
Produsen smart phone sudah menggunakan chipset terbaik dan terbaru dengan efisiensi yang semakin tinggi. Semakin meningkatnya kemampuan chipset, berbanding lurus dengan peningkatan fitur yang dibawa oleh smart phone. Meningkatnya fitur pada smart phone merupakan upaya yang dilakukan pabrik smart phone dalam menarik minat konsumen pada produk yang mereka luncurkan.

Untuk smart phone yang keluaran lama juga membawa fitur lama terasa mulai lambat digunakan saat ini. Hal tersebut muncul karena tututan dari peningkatan fitur yang ada pada software aplikasi setelah melakukan update. Peningkatan fitur aplikasi umumnya membuat smart phone akan semakin berat dalam mengolah pemrosesan data yang dilakukan.

Aplikasi FB pada smart phone awalnya mempunyai fitur sebagai social media dan personal profile menambahkan fitur jual beli, time line hingga terintegrasi dengan pihak ketiga seperti game. Fitur yang meningkat pada aplikasi tentunya akan memaksa procesor yang ada dalam chipset bekerja semakin keras. Peningkatan kerja procesor tentunya akan terasa saat kita membuka dan menggunakan aplikasi.

Mulai dari delay, frame drop, dan panas adalah beberapa gejala yang umumnya muncul saat chipset bekerja keras. Delay membuat ada jeda waktu saat membuka atau menggunakan aplikasi sehingga smart phone terasa lamban. Frame drop membuat smart phone terasa patah-patah tampilannya sehingga saat membuka atau menggunakan aplikasi tampilan terasa tidak mulus. Panas pada smart phone adalah indikasi saat komponen hand phone bekerja maksimal.

Kemunculan panas biasanya akan diikuti adanya delay dan frame drop. Hal ini tentunya disebabkan sebuah smart phone diberi batas kerja atau bahkan di turunkan kinerjanya bila sudah mencapai suhu tertentu. Pembatasan kerja chipset ini bertujuan untuk menurunkan suhu smart phone. Pembatasan kerja chipset dilakukan dengan menurunkan performa procesor maupun gpu nya sehingga menjamin keamanan smart phone yang kita pakai. Karena penurunan dan pembatasan performa ini berdasarkan suhu gadget maka hal ini umumnya disebut dengan thermal throttling.

Tanpa adanya pembatasan dan penurunan kinerja chipset akan membuat smart phone cepat rusak. Panas yang berlebih bisa membuat layar, layar sentuh dan baterai cepat rusak. Pada kasus yang lebih parah smart phone kita bisa meledak dan tentunya berbahaya saat digunakan.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan pada smart phone kita, agar baretai HP smart phone kita hemat dan awet.

Kurangi background aplikasi pada smart phone

Background aplikasi yang banyak pada smart phone, akan membuat chipset bekerja lebih keras. Efeknya tentu baterai smart phone akan cepat terkuras habis. Hal ini di sebabkan procesor dan modem internal pada chipset hand phone terus bekerja sehingga menguras baterai.

Matikan data

Mematikan data internet merupakan salah satu upaya yang efektif untuk menghemat baterai. Dengan mematikan data maka beban chipset akan berkurang banyak karena semua aplikasi yang memerlukan data otomatis akan berhenti bekerja sementara atau membeku (freez). Tidak hanya meng istirahatkan kerja modem pada chipset namun kerja procesor juga semakin ringan karena tidak memproses data masuk dan keluar pada smart phone.

Mamatikan data internet mungkin dianggap aneh oleh beberapa orang. Bagi yang tidak setuju dengan solusi ini umumnya berpendapat apagunanya alat telekomunikasi kalau data internet sebagai penyalur media komunikasi di matikan. Tentunya kita tidak mematikan data selamanya. Kita hanya mematikan data saat tertentu. Bahkan mematikan data juga ada manfaatnya.

Kita bisa mematikan data saat dalam perjalanan yang tidak membutuhkan map dari smart phone. Hal ini juga bermanfaat bagi penumpang yang sering merasa mabuk perjalanan. Karena saat berpergian melewati jalan yang tidak nyaman, bila di gunakan untuk aktifitas membaca akan membuat beberapa orang merasa pusing.
Kita bisa mematikan data saat tidur. Kabarnya radiasi sinyal hand phone tidak baik bagi kesehatan. Selain itu mengaktifkan fitur air plane yang berfungsi mematikan segala sinyal pada handphone akan membuat tidur lebih sehat dan nyenyak.

Tidak melakukan streeming tentunya akan membuat baterai hp lebih hemat dan awet. Saat kita melakukan streeming maka cipset bekerja lebih keras dari pada saat kita unduh dulu videonya. Saat steeming maka modem akan bekerja bersamaan dengan gpu. Sehingga hp akan terasa lebih hangat. Hal ini bisa semakin parah apabila kita melakukan streeming dalam perjalanan dimana kondisi sinyal saat di perjalanan berubah-rubah. Sehingga baterai HP akan terkuras lebih cepat. Tentunya hal ini tidak berlaku kalau kita di wajibkan nonton live streeming.

Kita akan merasakan baterai hp hemat dan awet dengan mematikan data sesuai saran tersebut.

Cari lokasi dengan sinyal terbaik

Mencari lokasi dengan sinyal yang baik tentunya akan membuat baterai handphone lebih hemat dan awet. Bila kita melakukan unduhan ( download ) suatu file dengan sinyal yang bagus akan membuat waktu unduh lebih cepat. Hal ini akan tentunya akan meringankan kerja modem pada chipset sehingga baterai hp lebih hemat dan awet.

Kurangi kecerahan layar

Mengurangi kecerahan layar akan membuat baterai smart phone lebih hemat dan awet. Smart phone dengan layar oled atau amoled akan lebih terasa pengaruhnya. Mengurangi kecerahan layar dengan jenis oled digadang-gadang bisa membuat baterai lebih hemat sampai 60 %, sehingga waktu hidup smart phone bisa lebih lama 1.6 x. Hal tersebut akan lebih effektif saat kita mengunakan dark mode atau mode gelap.

Kurangi kerapatan layar handphone ( pixel per inch ( ppi ) )

Mengurangi kerapatan layar hand phone akan membuat baterai smart phone lebih hemat dan awet. Semakin tinggi kerapatan layar maka graphics processing unit ( gpu ) akan bekerja lebih berat. Dengan menurunkan kerapatan layar hp ( ppi ) maka kerja gpu akan lebih ringan sehingga berimbas pada pemakaian baterai yang lebih hemat dan awet.

Namun menurunkan kerapatan layar juga akan membuat ketajaman gambar dan warna akan berkurang sehingga kurang nyaman dimata. Untuk itu usahakan kerapatan masih di angka 300 ppi.

Kurangi refresh rate layar ( frame per secon ( fps ) )

Mengurangi refresh rate layar hand phone akan membuat baterai smart phone lebih hemat dan awet. Semakin tinggi refresh rate layar maka graphics processing unit ( gpu ) akan bekerja lebih berat. Dengan menurunkan refresh rate layar hp ( fps ) maka kerja gpu akan lebih ringan sehingga berimbas pada pemakaian baterai yang lebih hemat dan awet.

Namun menurunkan refresh rate layar juga akan membuat kemulusan transisi tampilan akan berkurang sehingga kurang nyaman di mata. Hal tersebut seperti pada saat bermain game dengan istilah frame drop. Maka untuk menghindari hal tersebut usahakan refresh rate masih di angka 30 fps.

Downgrade sinyal ( 4G menjadi 3G )

Mendowngrade atau merubah sinyal dari 4G menjadi 3G merupakan salah satu upaya yang bisa di lakukan sebagai upaya menghemat dan membuat baterai lebih awet. Hal ini bisa terjadi karena samakin banyaknya penguna hp dengan sinyal 4G akan membuat trafik tower profider seluler menjadi penuh. Trafik yang padat akan membuat lalulintas data semakin padat menyebabkan penerimaan sinyal menjadi kurang baik sehingga smart phone menjadi lebih banyak menguras baterai.

Dengan menurunkan sinyal ke 3G yang lebih sedikit pengguna akan membuat modem internal handphone bekerja lebih ringan. Selain itu ada lokasi yang kualitas sinyal nya bervariasi walaupun dengan profider yang sama. Hal ini bisa terjadi karena antena profider yang terdapat pada tower mengarah pada lokasi yang berbeda. Contohnya antena 4G mengarah ke barat tapi antena 3G mengarah ke utara tower.

Gunakan wifi

Menggunakan wifi akan sangat membuat baterai smart phone menjadi hemat dan awet. Hal ini karena perangkat modem internal smart phone yang bertugas menangkap data seluler digantikan wifi yang jaraknya lebih dekat. Cara ini akan efektif bila pancara sinyal wifi ke smart phone kuat dan tidak terhalang.

Gunakan charger original yang bagus

Menggunakan charger original atau yang mempunyai kualitas original tentunya akan membuat beterai handphone hemat dan awet. Charger yang bagus akan mensuplay arus listrik dc yang lebih stabil. Hal ini tentunya akan membuat hanphone kita lebih awet terutama baterainya. Salah satu indikator charger yang bagus adalah handphone tidak terasa panas saat dicharger. Bahkan saat proses pengisian tidak ada gangguan pada sinyal dan layar. Biasanya charger yang tidak bagus akan membuat penangkapan sinyal menjadi tidak stabil dan akan terasa muncul ghost touch pada layar. Charger yang tidak bagus juga akan memperpendek umur baterai dan biasanya baterai cepat habis.

Leave a Comment