Alasan Memilih Blogger Sebagai Media Blogging

Seseorang yang akan memulai dunia blogging kadang masih ragu untuk memilih media untuk menampung tulisan yang akan mereka buat. Dari platform blog yang memberikan host gratis seperti tumblr, blogger, wattpad. Sampai yang menggunakan host mandiri sehingga bisa menginstal Content Management System (CMS) secara mandiri seperti wordpress, joomla, drupal dan lain sebagainnya.


Sebelum jauh-jauh membahas alasan mengapa memilih blogger sebagai media blogging, kita akan membahas beberapa istilah dulu. Host itu artinya di bahasa Indonesia kan adalah pemilik yang dalam dunia blogging merujuk kepemilikan tempat atau ruang. Jadi disini host gratis memiliki arti sebuah platform atau perusahaan yang menyediakan ruang bagi para blogger untuk menuangkan tulisannya. Sedangkan host mandiri memiliki arti sebuah platform yang menyediakan ruang bagi para blogger untuk membeli space yang mereka sediakan secara berbayar. Tentunya masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan sendiri.

Sekarang kita bahas secara mendalam mengapa memilih blogger sebagai media blogging.

1. Gratis

Gratis adalah suatu kata yang sangat menarik, selain dari pada kata diskon.
Bila Kita memakai jasa hosting berbayar yang untuk ruang 1 Gigabyte kita akan dikenai biaya kurang lebih 15 ribu / bulan. Dan dalam setahun maka kita akan merogoh kocek kantong kurang lebih 180 ribu. Dengan membuat akun google maka kita akan mendapat space sebesar 15 Gigabyte secara gratis.
Selain kita bisa mendapat domain dengan tingkatan second level domain (sld) dari blogspot. Sedang kalau anda menggunakan hosting mandiri kita harus membeli domain secara mandiri misal com, net, biz dan lain sebagainya. Domain tersebut memang mempunyal tingkatan Top level domain (TLD) yang berharga sekitar 150 ribu / tahun.
Jadi kalau kita akan membuat website blogging mandiri maka kita akan merogoh kantong dompet sekitar 330 ribu dengan rincian hosting 180 ribu dan domain 150 ribu.
Dengan blogger kita mengeluarkan dana 0 rupiah, hal tersebut yang bisa menjadi alasan memlih blogger sebagai media blogging.

2. Fullspeed

Blogger merupakan platform yang dibeli oleh google saat masih bernama blogspot sekitar tahun 2003. Namun setelah dibeli google nama blogspot diganti menjadi blogger dan blogspot masih di pertahankan sebagai domain penggunanya.
Goolge sendiri merupakan raksasa teknologi saat ini. Banyak sekali platform yang di kembangkan oleh google. Bahkan pengembgan OS Android yang di pakai oleh setiap penguna smartphone sekarang digunakan lebih dari 65 % smartphone. Dengan mendapat dukungan dari google apakan kita masih merahukan soal kecepatan yang mampu di tangani oleh blogger? Hal ini bisa menjadi pertimbangan alasan memlih blogger sebagai media blogging.

3. Banyak template gratis yang responsif, nyaman, praktis

Dari tampilan yang simple, praktis, responsif, elegant dan nyaman sekarang sudah banyak tersedia di internet. Kita tinggal berburu template blogspot tersebut sesuai yang kita harapkan. Mau pakai yang premium sampai gratis kita tinggal pilih karena pengembang templatenya sudah banyak. Jadi tidak ada alasan tampilan ngeblog mengunkan blogger tidak keren, sehingga ini merupakan alasan memlih blogger sebagai media blogging.

4. Lebih cepat di index oleh google

Kalau hal ini jelas seharusnya mesin pencari google dengan mudah merayapi produknya sendiri. Andaikan terpaksa kita bisa submit alamat artikel ke google secara manual ke google webmaster. Disini yang terpenting kita tidak salah melakukan penyetingan robot.txt.

5. Bisa di constum domain

Sudah dijelaskan di atas kalau blogger memberikan SLD pada penggunanya. Kita tetap bisa melakukan custom domain dengan menjadikan domain blogspot menjadi TLD. Dan merubah domainanda,blogspot,com menjadi domainanda,com tidak dilarang oleh blogger.

6. Bisa dimonetize multi platform

Salah satu alasan menjadi seorang blogger adalah menjadikan dirinya seorang publiser yang bisa memonetize situsnya atau sering disebut marketer (pemasar). produk bawaan google adalah adsense yang jelas bisa dipadukan dengan blogger. Namun kita tetap bisa beriklan dengan produk lain seperti mgid, propeler ads, dan lain sebaginya. Jadi tidak usah khawatir kita hanya bisa memasang baner iklan dari satu adsvertizer (pengelola jasa periklanan). Makin kuat kan kenapa kita bisa memanfaatkan blogger sebagai media blogging

Menggunakan blogger untuk ngeblog tidak buruk, asal kita tidak melanggar aturan yang diberikan oleh blogger. Kalau kita menulis artikel yang memang original dan tidak melanggar Term Of Service (TOS) dari google maka percaya diri saja kita ngeblog memakai platform blogspot. Tidak sedikit blogger yang sudah berpenghasilan ratusan juta dengan ngeblog menggunkan platform blogger.

Sekian artikel kali ini, ikuti tips dan trik di blog ini.

1 thought on “Alasan Memilih Blogger Sebagai Media Blogging”

Leave a Comment