Apa Itu Intel vPro ?

Apa itu Intel vPro?

Kita mungkin pernah melihat vPro pada stiker procesor intel atau ulasan dalam sebuah artikel. Namun,kita tidak tahu apa itu atau bagaimana menggunakannya. Intel memperkenalkan teknologi vPro manajemen jarak jauh sekitar 10 tahun yang lalu (sekitar 2010). Pada awalnya vPro dibuat untuk merampingkan proses menghidupkan dan mematikan komputer desktop perusahaan. Hal tersebut akan menghemat waktu dan energi departemen IT.

Selama bertahun-tahun, vPro berevolusi mengalami perkembangan. Digunakan menyebar ke notebook, mesin ritel, perangkat Internet of Things (IoT), dan ditambahkan pada alat tertentu dengan tujuan memperkuat keamanan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang vPro, mari kita simak, tentang apa vPro itu, untuk siapa dan mengapa berguna.

Apa itu Intel vPro?

Teknologi vPro ditemukan di berbagai perangkat, sebuah platform perangkat keras dan firmware. Dalam notebook, vPro ditemukan di laptop bisnis (tipis serta ringan dan 2-in-1), workstation mobile, dan perangkat keras gaming kelas atas. Khususnya, perangkat keras vPro ditemukan dalam CPU atau chipset, serta dalam chip konektivitas nirkabel dan kabel.

vPro Intel Generasi 8
vPro Intel Generasi 8

Prosesor vPro terbaru Intel adalah seri Intel Core ke-8, yang diluncurkan pada bulan April 2019. Chip vPro Gen ke-8 Intel menjanjikan kinerja hingga 65 persen lebih baik daripada vPro keluaran 3 tahun lalu. Baterai yang mampu bertahan hingga 11 jam. CPU ditanami memori Optane H10 Intel terbaru. Penanaman H10 membantu pengguna memproses dokumen dua kali lebih cepat selama transfer file besar.

Intel Generasi 8 vPro
Intel Generasi 8 vPro

Prosesor vPro terbaru juga mendukung Wi-Fi 6 untuk memungkinkan koneksi internet lebih cepat dari sebelumnya. Minimal vPro memerlukan Trusted Platform Module (TPM) chip Cryptoprocessor dan konektivitas internet kabel atau nirkabel.

Bagaimana cara kerja vPro?

IT Departemen menjalankan vPro menggunakan perangkat lunak dan konsol yang sudah teruji, sehingga teknologinya tidak melibatkan software dan perangkat ujicoba. Klien konsol yang paling umum digunakan adalah System Center Configuration Manager (SCCM) Microsoft, yang estimasi Constant digunakan oleh 90 persen IT departemen. 10 persen lainnya menerima dukungan juga, karena Intel juga menciptakan alat perangkat lunak untuk konsol lain.

Apa gunanya vPro?

Penggunaan vPro saat ini adalah untuk mengatur, mendiagnosis, dan memperbarui PC dari jarak jauh tanpa harus berada di sana. Fitur vPro sangat berguna ketika pengguna di lapangan membutuhkan penanganan segera.”

Misalnya, pengguna mendapati virus pada perangkat dan mereka ada di bandara. IT memiliki dua opsi.
Kita dapat mengirim seseorang ke sana atau mengambil alih perangkat menggunakan vPro. Kemudian memperbarui dan mengatur ulang kembali ke perintah yang berfungsi tanpa meninggalkan kantor Kita sendiri.
IT Departemen juga dapat masuk ke sistem vPro untuk mengelola instalasi perangkat lunak pada klien dalam armada perusahaan. Itu bisa berarti memperbarui sistem operasi, BIOS atau perangkat lunak pihak ketiga; vPro memungkinkan perusahaan untuk memastikan semua orang menggunakan versi aplikasi yang sama dan semua perangkat terbaru.”

Jika sistem vPro juga menyertakan hard drive Intel Pro SSD, IT departemen mendapatkan daya untuk melakukan penghapusan aman jarak jauh. Tanpa opsi ini, Pengguna harus pergi ke lokasi perangkat itu, mengeluarkan SSD, slave ke PC lain, masuk dan hapus drive. Kemudian kembali masukkan drive kembali ke dalam PC.

Pembersihan hard drive manual yang aman memakan waktu setidaknya 20 menit. IT departemen sering kali mengabaikan langkah ini dan cenderung merusak drive. Penghapusan aman jarak jauh yang mudah dilakukan menjadi lebih berharga jika PC dicuri atau jika karyawan dikeluarkan. Dalam hal ini perusahaan perlu memastikan data rahasia tidak bocor.

Seberapa amankah vPro?

Karena vPro menyediakan akses langsung ke armada peralatan, penting agar saluran ini dilindungi. Tidak bisa dipastikan seberapa aman vPro itu. Karena teknologi selalu berkembang, tetapi vPro menawarkan fitur perangkat lunak dan keamanan Intel terbaru dan terhebat untuk PC sesuai zaman.

Intel baru-baru ini memperkuat vPro dengan menambahkan Intel Authenticate (IA) ke vPro pada prosesor Core Generasi ke-6 Januari 2016. IA dapat mengunci perangkat keras untuk diakses oleh pengguna tertentu. Dengan kombinasi sidik jari dan PIN atau kedekatan telepon yang dilindungi.

Salah satu fitur IA adalah penghapusan kata sandi. Intel menyaksikan rantai ritel besar dan toko perbaikan rumah diretas, yang menciptakan dampak keuangan yang serius.

Platform vPro juga menawarkan Intel® Software Guard Extensions (SGX), yang menyediakan enklosur aman untuk pengembang aplikasi. Enklaf tersebut aman, ruang terlindung untuk program yang akan dikembangkan tanpa menimbulkan risiko keamanan, termasuk kehilangan data atau pengungkapan.

Bisakah Pelanggan Biasa Menggunakan vPro?

Perangkat dengan platform vPro tidak dirancang untuk perangkat lunak biasa. Perangkat lunak manajemen konsol yang di gunakan membutuhkan “Enterprise OS dan user administrator yang memahami sedikit IT”. Jadi pelanggan dapat memaksimalkan fitur vPro bila penggauna menggunakan perangkat lunak yang sesuai dan dengan sedikit pemahaman dalam IT.

perangkat lunak vPro
perangkat lunak vPro

Untuk Bisnis Ukuran Apa VPro Terbaik?

Platform vPro sebagian besar cocok untuk bisnis perusahaan besar (yang setidaknya memiliki lebih dari 1.000 karyawan), tetapi tidak sedikit Bisnis menengah [500 atau lebih] menggunakan vPro. Ini karena vPro dipasarkan untuk bisnis apa pun yang memiliki lingkungan Pengelolaan IT dan mengorganisir karyawan. Hal ini didasarkan kelompok yang memiliki tingkat akses dan kebutuhan keamanan yang berbeda.

Karena Intel menawarkan dukungan untuk berbagai konsol, vPro bekerja dengan teknologi yang praktis, daripada memaksa IT untuk beradaptasi. Tujuan Intel dengan vPro agar IT departemen memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia sehingga pekerjaan selesai lebih cepat dan aman.

Leave a Comment