FTP untuk Mengatasi File tidak bisa Upload melalui File Manajer

Mengatasi File tidak bisa Upload melalui File Manajer dengan Filezilla. Pengguna File Manager pada Cpanel sangat membantu dalam meengelola file. Adanya fasilitas Upload mempermudah dan mempercepat para pengelola website. Namun saat melakukan mengunggah file kadang mengalami gagal upload. Tidak berhasilnya file terupload di pengaruhi banyak hal. Mulai dari keterbatasan resource, bandwidth speed, sampai gangguan dari sistem. Salah satu hal yang bisa di coba untuk mengatasi gagal upload dari File Manager adalah dengan melakukan upload file melalui fasilitas FTP cpanel yang dipadukan dengan aplikasi Filezilla.

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu jaringan untuk memindahkan suatu file. Menu FTP menjadi satu dengan menu file manager. Duahal yang perlu di pahami dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang berfungsi untuk menjalankan layanan tukar menukar file. Server akan selalu siaga untuk memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client. Sedangkan FTP client adalah computer yang meminta koneksi dari FTP server dengan tujuan melakukan pemindahan data.

Langkah mendapatkan akun client setting FTP :

  1. Buka FTP pada Cpanel >  cari tulisan>

             Special FTP Accounts

  2. Pilih tipe akun utama  atau administrator nya
  3. Buka  configure FTP client
  4. Kita bisa memlilih memasukkan secara manual user, sever, dan port nya atau memilih setingan akunnya dengan download setingan yang telah disediakan. (sebaiknya download)
  5. Lihat nama file tadi misal user.xml

 

Langkah-langkah yang dilakukan dalam transfer file menggunakan FTP adalah :

  1. Silahkan mengunduh aplikasi filezilla ftp client.
  2. Instal aplikasi filezilla tersebut.
  3. Jalankan filezila
  4. Pilih File > Impor > cari setting akun yang di download tadi (user.xml)
  5. Bila ingin trasfer sukses 100% maka pada Encryption pilih only use plain of FTP (insecure) dengan resiko tidak aman, lalu connect.
  6. Bila berhasil terhubung maka pada halaman depan aplikasi Filezilla, perhatikan remote site (anda akan melihat tampilan yang sama dengan yang ada di File Manager)
  7. Pilih file melalui view local site > click kanan > Upload

 

Kelemahan dari sistem ini adalah data file tidak bisa dalam tipe terkompres (.zip, .rar. dll).  Sehingga yang awal mula suatu data yang hanya 10 Mb saat di bongkar menjadi lebih besar (lebih dari 10 Mb). Yang menyebabkan bosros kuota serta memakan waktu lama.

 

 

Leave a Comment