Kopi Jancuk

 

Kopi Jancuk – Saat pertama kali dengar nama minuman kopi Jancuk, timbulah rasa penasaran saya.

Ya, pertama kali saya dengar nama Kopi Jancuk saat saya bertugas di jawa Timur. Seorang rekan kerja berjanji akan menelaktir saya Kopi Jancuk kalau saya mau berkunjung ke rumahnya.

Sempat saya tanyakan, “Apa itu Kopi Jancuk?”. Dia menerangkan, kalau Kopi Jancuk itu rasanya mantap, dan dengan takaran porsi gelas yang besar. Terbesit di pikiran saya takaranya hampir seukuran porsi gelas minuman di warung makan Mbok Jingkrak.

Saya tanyakan lagi, “Mantap nya bagaimana Pak?”. Dia menerangkan “Mantap sekali, bahkan dijamin kalau sampai habis satu porsi gelas, maka pagi harinya perut saya akan mulas. Dari sisni saya malah enggan untuk mencoba Kopi Jancuk. Buat apa niatnya menikmati makanan dan minuman tapi malah bikin sakit. haha…

Kemudian saya bertanya kembali, “Kenapa dinamakan Kopi Jancuk?”. Lalu rekan kerja saya menjawab “Kopi Jancuk diramu dari bahan Kopi, Jahe, Kencur, dan Jeruk yang disingkat jadi Kopi Jancuk”. Lumayan kreatif juga dari komposisi sampai penamaannya.

Kalau dilihat dari komposisi Kopi Jancuk, seharusnya Kopi ini juga punya manfaat untuk kesehatan. Mengingat Jahe baik untuk peredaran darah, kencur bisa untuk ubat batuk dan jeruk yang kaya vitamin C. Walaupun juga lumayan beresiko bisa bikin perut mulas.

Walaupun belum mencoba langsung Kopi Jancuk, karena belum berkunjung kerumah rekan kerja saya. Namun saya pernah beberapa kali mecoba meramu resep Kopi Jancuk dengan takaran yang saya tentukan sendiri.

Mungkin kalau ada kesempatan untuk berkunjung ke rumah rekan kerja saya dan jadi di tlaktir Kopi Jancuk. Saya akan ceritakan bagaimana sensasinya. Karena jujurnya saya sendiri penasaran dengan rasanya.

Sekian sedikit share info mengenai Kopi Jancuk.

 

 

 

 

Leave a Comment