Kualitas Video Untuk Vlog YouTube

Informasi Tahun 1990 an

Semakin majunya zaman semakin bergeser kebiasaan masyarakat. Sekitar tahun 1990 an, seseorang mendapatkan informasi melalui media cetak dan elekronik. Media cetak yang tersedia cukup beragam mulai dari majalah, koran, pamflet dan sebagainya. Pada tahun tersebut, media elektronik yang ada umumnya masih terbatas pada televisi dan radio.

 

Masuk Awal Milenia

Masuk tahun 2000 an perkembangan teknologi semakin pesat. Mulai dari internet sudah mulai muncul walau hanya pada kota besar. Pengguna Internet pada tahun 2000 pun lebih banyak menggunakan internet melalui persewaan komputer yang terhubung dengan internet. Seingat saya namanya dulu adalah Warung Internet (warnet). Harga yang dibayar untuk berselancar internet di warnet saat itu sekitar 8 ribu rupiah perjam.

 

Handphone Yang Mampu Berselancar Internet

Kemajuan teknologi sangat cepat, sekitar tahun 2004 handphone mulai di benamkan teknologi internet di dalamnya.  Handphone jaman dulu masih menggunkan java dan nokia  dengan symbian. Sehingga penggunaan internet masih sebatas untuk browsing.

Namun saat itu penggunaan internet pada handphone sungguh sesuatu yang sangat berarti. Salah satu TV Nasional saat itu menayangkan berita di TV tentang kemajuan teknologi ini. Berita tersebut memperlihatkan sambutan dan respon dari masayarakat Jepan yang termasuk pertamakali menikmati fasilitas ini.

 

Kemunculan Youtube

Yotube pertama kali muncul sekitar tahun 2005. Namun saya baru mulai menggunakan youtube baru sekitar tahun 2008. Saat itu video yang ada di youtube belum sebanyak sekarang. Kualitas video youtube yang ada pun sebatas maksimal 360p. Pengguna youtube masih sedikit, hal ini jelas dipengaruhi oleh masih mahalnya akses data dan penyebara internet di Indonesia.

 

Video Viral 2010

Akses data yang masih mahal, penyebaran yang belum terlalu merata membuat penggunaan youtube masih agak eksklusif atau menengah keatas sedikit. Saat itu di indonesia Viral mengenai Video Youtube Sinta Jojo tentang lipsing lagu keong racun. Padasaat itu video mereka viewnya sekitar 1 juta lebih. Bila dibandingkan sekarang memang untuk mendapat view 1 juta juga tidak mudah. Tapi sekarang sudah tidak sulit menemukan para vlogger terkenal yang mendapat view jutaan.

 

Youtube Mulai Dilirik

“Semakin berkembangnya teknologi maka semakin banyak penikmatnya dan pemerannya.”

Maksutnya gimana tuh?

Jadi bila jaman dulu menikmati youtube harus melalui komputer di warnet atau dengan laptop jaringan wifi, maka sekarang mengakses youtube semakin mudah. Kemudahan dalam mendapatkan akses jaringan internet tanpa kabel dipengaruhi kemajuan teknologi dalam jaringan pengiriman data. Kemudahan dalam hal semakin ringkas device / hardware, sehingga bisa di bawa kemana saja. Cukup dengan handphone cerdas atau yang kerap dipanggil smartphone maka kita bisa mengakses chanel youtube berkualitas  kesuakaan kita dari mana saja asalkan teknoneksi dengan internet.

Kemudah dalam hal “pemerannya” adalah kemudahan seorang individu untuk ikut serta  berkontribusi dalam membuat konten digital. Konten yang dibahas disini  berupa video yang disesuaikan dengan platform youtube berupa jejaring video online. Selain dalam kemudahan membawa dan teknologi jaringan yang semakin maju, smartphone juga berkembang dalam teknologi kamera. Dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak sensor yang bisa di tanamkan pada smartphone sehingga pengambilan gambar berupa foto dan video semakin baik.

Banyak orang mencoba keberuntungan menjadi seorang Video blog atau yang lebih dikenal dengan nama Vlog. Pengaruh yang terbesar didapat dari suksesnya para vloger yang berhasil mendulang ratusan juta dari video blog yang mereka share melalui chanel Youtube. Tentunya chanel yang berkualitas dari isi nya dan kemasanya (tampilan) adalah chanel yang memenuhi standar pembayaran (monetize) dari Youtube. Chanel youtube tersebut harus sudah berafiliasi atau terhubung dengan media pengiklan atau Adsense.

 

Kualitas Video Untuk Vlog Youtube

Kemasan yang menarik tentunya sangat berperan dalam menarik minat pengunjung sebuah vlog. Namun kemasan video yang menarik juga membutuhkan modal besar.hal ini disebabkan semakin berat pula dana yang dibutuhkan untuk mengolah video baik dari perekaman, editing, effect sampai upload nya.

 

Lihat tabel di bawah.

resolusi  vlog youtube
                         resolusi video

Youtube menyarankan  menggunkan resolusi 16:9. Bila kita lihat dari gambar di atas kita dapat melihat resolusi pada warna hijau tua. Saat kita menonton youtube ada video yang bisa kita pilih kualitas gambarnya dan ada yang tidak. Untuk yang bisa di rubah kualitasnya biasanya ada pilihan default, terapkan resolusi ini:

2160p: 3840×2160 
1440p: 2560×1440
1080p: 1920×1080
720p: 1280×720
480p: 854×480
360p: 640×360
240p: 426×240

bahkan ada yang 144p : 256×144.

 

Tentu bukan berarti yang resolusi terkecil tidak menjadi pilihan atau jarang dimainkan. Bila seseorang ingin menghemat kuota dalam memainkan youtube maka mereka biasanya lebih mementingkan isi dari kualitas tampilan untuk konten video vlog youtube. Penghematan kuota dengan resolusi terendah biasanya menjadi pilihan untuk konten bertipe ceramah baik berita, agama, musik dan lain sebagainya.

 

size data vlog
             size data vlog

 

Jadi untuk anda yang ingin terjun ke dunia vlog lanjut saja. Karena kreatifitas itu tercipta saat ada  keterbatasan. Dalam artian kita tetap bisa membuat video vlog youtube dengan kamera maupun handphone standar, namun dengan lebih cermat dalam memilih isi konten. Dengan kata lain lebih mementingkan isi yang akan di bawakan daripada sekedar tampilanya

 

Leave a Comment