Kuliah Negeri (Akreditasi B) atau Swasta (Akreditasi A)

Kuliah Negeri (Akreditasi B) atau Swasta (Akreditasi A).

 

Pertama,

Kita harus meliat dulu jurusannya apa yang kita hendaki, kalo memang jurusannya ada di pts yang berakreditasi A, ya silahkan aja dicoba. Walaupun kita kuliah di Universitas Indonesia (UI), kalau jurusan yang diambil tidak sesuai minat dan bakat akan percuma. Malah berpotensi bisa tidak menyelesaikan perkuliahan, karena di PTN itu kuliahnya termindset lebih serius dan tidak main-main, dan cenderung tidak mudah.

Jadi jangan berfikir setelah keterima di PTN jurusan apapun tidak jadi masalah. Yang penting masuk di PTN, Suatu saat bisa-bisa kuliahnya berantakan. Kita sudah sering liat yang seperti itu, walaupun tidak semuanya seperti itu. Biasanya yang pinter/jenius atau minimal rajin datang kuliah bisa-bisa aja lulus dengan nilai seadanya.

 

Kedua,

Kita juga harus berani ambil sikap, mau kuliah dimana.
Misalkan, Kita ingin diterima kuliah di IPB, maka harus kita kejar terus sampe dapat. Sampai suatu titik maksimal yang sudah tidak mungkin ada peluang lagi. Kalau memang perlu kita belajar lagi terus untuk tahun berikutnya, persiapan selama 1 tahun supaya bisa masuk tahun depan, banyak yang seperti itu. Kecuali memang kita tidak masalah kuliah di PTS atau PTN lain asalkan memang jurusannya sama.

Tidak menjadi masalah juga, yang penting kita sudah memilih. memang di saat seperti ini bakal paling membingungkan dan membuat galau. Yang penting berani mengambil keputusan, dan walau gagal kita bakalan tetap tidak akan pernah kecewa karena sudah mencoba yang semaksimal mungkin.

 

Ketiga,

Walaupun kuliah di PTS yang akreditasinya c sekalipun, asalkan kemampuan dan pengalaman kita mantap, kita akan tetep diakui dan mudah untuk beradaptasi di bidang pekerjaan apapun. Jadi, tidak masalah dari PTN ataupun PTS, yang penting kemampuan kita. Memang kadang Universitas itu dilihat, akan tetapi biasanya saat wawancara penerimaan kerja pasti ada semacam tes yang melihat calon karyawan ini layak atau tidak, melalui proses seleksi tersebut bisa dibuktikan kemampuan kita.

Leave a Comment