Perbedaan Disclaimer, Privacy Policy dan Terms Of Service (TOS)

 

Perbedaan Disclaimer, Privacy Policy  dan Terms Of Service (TOS). Saat sedang browsing mengunjungi website maupun blog kita sering melihat tulisan Disclaimer, Privacy Policy  dan TOS. Namun banyak yang mengabaikan menu tersebut, karena umumnya memang tidak sedang melakukan pencarian artikel bacaan dengan topic tersebut. Apalagi kalau isi dari bacaan tersebut menggunakan bahasa inggris.

Kali ini kita akan membahas perbedaan dari Disclaimer, Privacy Policy  dan TOS. Karena konon katanya, ketiga hal tersebut merupakan komponen yang penting jika kita ingin bergabung dengan Google Adsense (GA).

 

Pengertian Disclaimer

Disclaimer yang salah satu katanya tersusun dari kata klaim (kepemilikan). Jadi disclaimer adalah sebuah pernyataan kepemilikan pada situs website itu sendiri maupun dari. Kaim kepemilikan, bisa dijabarkan dari web sampai seluruh isi konten-kontenya.

Fungsi Disclaimer

Disclaimer sangat penting untuk di cantumkan pada sebuah situs. Halaman ini sangat erat kaitannya dengan sebuah Hak Cipta dari sebuah blog atau web.

 

 

Pengertian Privacy Policy.

Privacy Policy yang katanya berasal dari kata privat yang artinya tertutup dan policy yang artinya perlindungan. Jadi pengertian Privacy Policy adalah sebuah halaman yang berisi tentang segala peratuan pada sebuah web atau situs yang dibuat dengan tujuan melindungi segala pengolahan informasi yang berasal dari pengunjung situs.

Fungsi Privacy Policy.

Privacy Policy sangat penting untuk memberikan jaminan keamanan data identitas dan pribadi yang akan didapatkan pengunjung saat mengunjungi sebuah web / blog.

 

 

Pengertian Terms Of Service (TOS).

Terms Of service (TOS) yang katanya berasal dari  terms yang artinya aturan dan service yang artinya layanan/ketentuan.  Terms Of service (TOS) adalah halaman yang memberikan penjelasan peraturan yang harus di patuhi oleh pengunjung, pertauran ini sifatnya mengikat. Tentunya setiap situs memiliki perturan yang tercantum dalam TOS yang tidak sama,  sesuai yang dikehendaki pemilik web / blog.

Fungsi Term Of Service (TOS).

Terms Of service (TOS) bertujuan memberikan penjelasan tentang peraturan, ketentuan yang didapatkan dan ditaati oleh pengunjung web / blog.

 

Jadi secara garis besar
  1. Disclimer bertujuan melindungi hak cipta pemilik website.
  2. Privacy Policy bertujuan melindungi data pengunjung, yang di jamin oleh pemilik situs.
  3. Terms Of Service (TOS) bertujuan melindungi pemilik dan pengunjung situs, dengan ketentuan mengenai layanan yang diberikan, didapatkan, dipatuhi dan dijaga bersama oleh keduanya.

Mungkin itu saja yang disampaikan mengenai Perbedaan Disclaimer, Privacy Policy dan Terms Of Service (TOS).

Leave a Comment